Rab. Mei 22nd, 2024

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PON-PES NURUT TAQWA BONDOWOSO

By Pengurus Pesantren Sep4,2016
Selamat Datang Di Website nuruttaqwa.netSelamat Datang Di Website nuruttaqwa.net

Oleh: Anwari Nuril Huda*

Dewasa ini, berkat didorongnya oleh teknologi canggih mutakhir, kita bisa hidup dalam ‘dua dunia’; nyata dan maya. Meski pada masa awal perkembangan teknologi ke arah dunia maya, banyak yang beranggapan bahwa kehidupan di dunia nyata tidak akan pernah mampu untuk sekadar diwakili oleh hal apapun, termasuk oleh teknologi modern. Tetapi ketika saat ini teknologi sudah mampu menghadirkan media online yang variatif, simpel dan mudah dijalankan seperti facebook, twitter, instagram, blog, website dan sebagainya, alih-alih media online ini sangat digandrungi oleh semua lapisan dan kelompok sosial di belahan dunia manapun, termasuk di Indonesia.

Pengurus Pondok Pesantren Nurut Taqwa sebagai bagian dari kelompok sosial yang responsif, akomodatif dan juga selektif terhadap hal ihwal perkembangan zaman dan teknologi, maka kami mencoba untuk berinteraksi dan memanfaatkan teknologi sebagai instrumen dakwah, di antaranya dengan pembuatan website pondok pesantren. Salah satu motivasi terbesar pembuatan dan pengembangan media ini adalah karena –menurut kami– pembuatan website merupakan hal baru (jadid) yang memiliki manfaat serta fungsi sangat urgen (ashlah). Sesuai dengan pesan para salafuna al shalih kepada kita semua, “Al muhafadzatu ’ala al qadimi al shalih wa al akhdu bi al jadidi al ashlah

Kendati dalam media online terjadi beberapa fenomena negatif-destruktif, seperti maraknya penipuan, melemahnya budaya silaturrahmi dalam dunia nyata, radikalisasi muslim serta penyebaran dan pengambilan informasi seporadis-nonagamis yang tidak selektif, kami akan tetap mengembangkan website nurut taqwa sekaligus berusaha dengan maksimal untuk menfilter semua hal negatif yang kerap terjadi di dunia maya. Karena bagaimana pun, kejujuran, pemeliharaan relasi sosial (silaturrahmi), serta pembentukan khaira ummah adalah frame bagi kami di kalangan pesantren (al muhafadzatu ala al qadimi al shalih).

Dengan demikian, kami tegaskan bahwa hadirnya website nuruttaqwa.net bertujuan untuk menyebarkan-luaskan dakwah Islam rahmatan lil alamin, keberislaman yang moderat dan toleran, pengembangan wawasan intelektual sosial-keagamaan, serta penguatan relasi nation-state ala islam ahlissunnah wal jamaah.

Adapun rubrikasi website Pondok Pesantren Nurut Taqwa yaitu: rubrik ‘Profil’ berisi sejarah, visi & misi, struktur pengurus dan biografi pengasuh; rubrik ‘Pendidikan’ berisi profil lembaga RA, MI, MTs, MA, SMK dan Madrasah Diniyah; rubrik ‘Berita’ berisikan informasi acara yang digelar oleh pesantren dan semua lembaga di dalamnya; rubrik ‘Ilmiah’ berisi kolom artikel, opini, konsultasi agama dan kajian; rubrik ‘Galeri’ berisikan dokumentasi semua acara yang digelar dan beberapa gambar yang dianggap perlu untuk di-up load; serta rubrik ‘Agenda’ berisikan beberapa acara yang akan dilaksanakan dalam setiap satu bulan oleh Pondok Pesantren Nurut Taqwa dan/atau oleh lembaga yang berada di bawah naungannya.

Mengingat bahwa secara umum website ini adalah media umat Islam, maka redaksi nuruttaqwa.net menerima tulisan asli pembaca pada rubrik ‘Ilmiah’ yang belum pernah dipublikasikan atau pun yang sudah dipublikasikan hanya saja dengan syarat mencantumkan nama media yang memuat tulisan tersebut berikut tanggal penerbitannya. Dan semua karya yang masuk ke email redaksi (admin@nuruttaqwa.net) maka menjadi milik redaksi, redaksi berhak mengedit tanpa menghilangkan isi subtansi tulisan, serta redaksi berhak untuk mempublis atau sebaliknya.

Kekurangan adalah hal yang mutlak dimiliki oleh semua makhluk, termasuk kami, Pengurus Website Nurut Taqwa maupun konten di dalam website kami. Oleh sebab itu, kami sangat bangga menerima saran dan kritik yang konstruktif dari para pembaca guna melakukan pembenahan website dan konten agar lebih baik.

Akhirnya, kami ucapkan “Selamat membaca, semoga website nuruttaqwa.net ini membawa manfaat bagi kita semua baik di dunia maupun di akhirat. Amin..”

* Pimpinan Redaksi nuruttaqwa.net

Postingan terkait..

One thought on “SELAMAT DATANG DI WEBSITE PON-PES NURUT TAQWA BONDOWOSO”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.