September 23, 2021

Profil

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA MADRASAH

Awal didirikannya Mts Nurut Taqwa erat kaitannya dengan keberadaan Pondok Pesantren dan MI Nurut Taqwa yang sudah lebih awal berdiri. Keinginan dan dukungan yang besar dari wali murid untuk melanjutkan pendidikan putra – putrinya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mendorong didirikannya MTs Nurut Taqwa. Beberapa tokoh yang memiliki dan andil dan kontribusi besar atas berdirinya MTs Nurut Taqwa yaitu KH. Makshum Zainullah (selaku pengasuh pesantren Nurut Taqwa), Babun Rusydi, Imam Rosadi dan almarhum Ust. Kusnadi Kamal.

MTs Nurut Taqwa didirikan oleh Yayasan Pondok Pesantren Nurut Taqwa pada  tanggal 9 April 1993. Seperti halnya lembaga formal yang lebih awal berdiri yaitu Madrasah Ibtidaiyah, berdirinya Mts sebagai respon atas tuntutan dan kebutuhan zaman sekaligus merupakan strategi adaptasi pondok pesantren agar tetap surviv di tengah derasnya arus formalisme di negeri tercinta ini. Di beberapa daerah banyak pesantren yang gulung tikar salah satu factor penyebabnya karena di dalamnya belum tersedia lembaga pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan terbukti kehadiran MTs dan beberapa lembaga formal lainnya mampu menyangga eksistensi kelembagaan pesantren nurut taqwa hingga saat ini.

Sejarah perjalanan MTs nurut taqwa tidaklah mudah. Di awal berdirinya, mts nuruttaqwa banyak mengalami kendala. Selain problem sumber daya manusia yang sangat minim, masalah sarana prasarana dan pendanaan juga jauh dari yang diharapkan. Akibatnya kwalitas pembelajaran di kelas, pembinaan kepada siswa serta kultur pendidikan berjalan apa adanya. Dengan kata lain pelayanan pendidikan Mts nurut taqwa pada saat itu masih jauh dari harapan sehingga belum mampu mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar.

Babak sejarah baru bagi perjalanan Mts nurut taqwa dimulai tahun 2005 setelah pertama kali lembaga ini mengikuti  proses akreditasi. Dengan memperoleh nilai akreditasi kategori “B” setara dengan status “Disamakan” ternyata mampu memberi support dan semangat yang luar biasa kepada semua civitas dan warga madrasah. Beberapa dewan guru yang semula merasa malu dan tidak percaya diri menyandang status sebagai guru di MTs Nurut Taqwa tiba-tiba bangkit dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. Semangat mengajar, membimbing siswa serta mengutus siswa sebagai delegasi lembaga untuk mengikuti beberapa even lomba baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten terus ditingkatkan. Bimbingan kegiatan ekstrakurikuler terutama di bidang bahasa asing (arab dan Inggris) juga digalakkan. Penguatan kapasitas kelembagaan dan kwalitas tenaga pengajar betul-betul mendapat perhatian bersama antara yayasan dengan pihak sekolah.Pengadaan ruang kelas, ruang kantor, ruang perpustakaan dan ruang laboratorium serta sarana yang lain juga terus dilakukan penambahan. Seiring dengan itu Mts nurut taqwa akhirnya banyak mangalami kemajuan baik dari aspek kuantitas maupun  aspek kualitasnya. Beberapa prestasi siswa baik akademik maupun non akademik menunjukkan hasil yang cukup membanggakan. Beberapa prestasi siswa tiga tahun terakhir diantaranya…..

Jumlah murid Mts nurut taqwa pada tiga tahun terakhir hingga tahun pelajaran 2016-2017 berjumlah 300-an peserta didik yang terbagi ke dalam sembilan rombel dan diasuh oleh 30 orang guru  dengan kwalifikasi pendidikan strata satu dan strata dua sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.

Madrasah Tsanawiyah adalah lembaga pendidikan menengah umum pertama yang berciri khas agama. Kekhasan ini menjadi corak warna yang berbeda dengan lembaga pendidikan umum lainnya. Ciri khas agama pada MTs terletak pada dua hal yang saling melengkapi; pertama, kurikulum keagamaan MTs yang cukup dominan berupa pemilihan mata pelajaran agama menjadi lima mapel seperti mapel Fiqh, Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam ditambah dengan mapel Bahasa Arab. Kurikulum keagamaan ini diharapkan mampu memantapkan kognisi siswa sebagai modal pembentukan sikap dan karakter siswa. Kedua, kompetensi kognitif siswa dalam bidang keagamaan menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya-upaya pembentukan karakter akhlakul karimah berupa pembiasaan-pembiasaan dan pembentukan kultur lingkungan dan pergaulan yang agamais. Misalnya siswa putera dan puteri tidak boleh bebas duduk bersama baik di dalam maupun di luar rmadrasah. Secara ideal profil  lulusan MTs adalah lulusan yang mampu mengkombinasikan kompetensi pengetahuan agama dan pengetahuan umum secara seimbang sehingga terwujud generasi unggul yang memiliki pondasi kuat untuk menjadi insan yang memiliki kwalitas imtaq (keimanan dan ketaqwaan) dan menguasai iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi).

Beberapa agenda yang telah dilakukan untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di MTs Nurut Taqwa diantaranya : menyelenggarakan diklat peningkatan komptensi guru, pelatihan tenaga kependidikan, diklat penyusunan Kurikulum, diklat penguatan pendidikan madrasah, dan lain-lain.

Dari tahun ketahun Mts Nurut Taqwa mengalami pergantian kepala antara lain :

  1. Tahun 1993 – 1997             : Ust. Kusnadi Kamal
  2. Tahun 1997 – 1999             : Babun Rusdi
  3. Tahun 1999 – 2004             : Usman Jaka Susila, S.Ag.
  4. Tahun 2004 – 2006             : Fathorrahman, S.Pd.
  5. Tahun 2006 – 2008             : Nur Hasan, S.Pd
  6. Tahun 2008 – 2010             : Ernanto, S.PdI
  7. Tahun 2010 – 2012             : Abd. Shomad, M.PdI
  8. Tahun 2012 – sekarang : H. Barri Sahlawi Zain, M.Si

IDENTITAS MADRASAH

Nama Madrasah                      : MTs Nurut Taqwa

Status                                      : Terakreditasi B

NSM                                        : 12135110013

Nomor Telp.                            : (0332) 561605

Alamat                                     : Jl. Raya Cermee No. 09

Kecamatan                              : Cermee

Kabupaten / Kota                    : Bondowoso

Kode Pos                                 : 68286

Tahun Berdiri                          : 1993

Didirikan Oleh                                    : Yayasan Nurut Taqwa

Nama Pendiri                          : KH. Ma’shum Zainullah

Ijin Operasional                       : Departemen Agama

Tanggal                                    : 04 Agustus 1999

Nomor                                     : Wm. 06.03/PP.03.2/2863/SKP/1999

WaktuBelajar                          : Pagi

 VISI DAN MISI

VISI :

Terbentuknya insan yang beriman, berakhlaqul karimah, mandiri, berprestasi dan siap berkompetisi.

INDIKATOR VISI :

  1. Taat menjalankan ajaran agama islam faham Ahlus Sunnah Waljamaah.
  2. Memiliki budi pekerti yang baik, menjunjung tinggi nilai – nilai moral dan sosial budaya yang berlaku di masyarakat.
  3. Memiliki sikap berdikari dan mental kewirausahaan.
  4. Berkompeten dalam bidang keterampilan bahasa dan jurnalistik.
  5. Mampu dan siap melaksanakan tugas secara bertanggung jawab.
  1. Memenuhi standart kelulusan Nasional.
  2. Berprestasi dalam KIR di tingkat daerah.
  1. Peduli terhadap perkembangan kesenian dan olahraga.

MISI :

  1. Menerapkan prinsip dan nilai – nilai Islam di dalam dan di luar Madrasah
  2. Menanamkan budi pekerti yang luhur, nilai – nilai moral dan nilai – nilai sosial budaya.
  3. Melaksanakan pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan secara efektif dan kreatif;
  4. Membangun budaya mandiri, disiplin, kompetitif dan kebersamaan secara proporsional dan profesional.
  5. Menjalinhubungan yang harmonis dan fungsional antara warga madrasah dengan masyarakat melalui peningkatan dan optimalisasi peran serta dan fungsi komite madrasah.
  6. Mengembangkan potensi dan kreatifitas siswa dalam bidang IPTEK, jurnalistik, keterampilan, olah raga dan seni
  7. Mengoptimalkan kompetensi Warga Madrasah dalam memberikan pelayanan kepada siswa dan masyarakat.

SUSUNAN PERSONALIA