October 25, 2021

Profil

LEMBAGA PENGEMBANGAN TAHFIDZUL QUR’AN (LPTQ) PP. NURUT TAQWA

Profil

Dalam rangka menghadapi perkembangan zaman saat ini, perlu kiranya bagi seorang muslim untuk meningkatkan kualitas dalam bidang ubudiyah, agar tidak hanya menjadi seorang muslim secara dhohir saja, akan tetapi juga bisa menjadi muslim khoiru ummah sejati yang berjiwa Qur’ani. Oleh karena itu, dirintislah Lembaga Pengembangan Tahfidzul Qur’an, sebagai langkah awal dalam  meningkatkan eksistensi keagamaan pada masa modernisasi saat ini.

Lembaga Pengembangan Tahfidzul Qur’an adalah sebuah lembaga keagamaan yang mewadahi santri dalam hal menghafal Al Qur’an. Yang berada dibawah naungan Lembaga Pondok Pesantren Nuru Taqaw. Lembaga ini terletak pada perbatasan antara Desa Grujugan Cermee Bondowoso dengan Desa Sempol Prajekan Bondowoso. Lembaga ini berdiri pada tanggal 1 Januari 2013 M. Mulai saat itulah lembaga ini ikut andil dalam mencetak dan melahirkan santri yang berjiwa Qur’ani.

Diharapkan para santri yang berada didalamnya bukan hanya sekedar menghafal akantetapi diharapkan juga bisa mengamalkan  isi Al Qur’an sehingga bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Daerah asal santri yang menetap pada lembaga ini tidak berbeda jauh dengan daerah asal santri pusat PP. Nurut Taqwa. Pengasuh beserta pengurus yayasan saling bekerja sama dalam menjalankan program-program lembaga. Disamping itu, lembaga ini juga dibantu oleh pembina Tahfidzul Qur’an, sebagai pengawas dan penerima storan hafalan santri dalam renggang waktu dua hari satu kali.

Visi Misi

Visi:
”Menjadi Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an yang Unggul dan Berprestasi ”
Misi:
1. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang Mutqin (memiliki kualitas hafalan yang kuat) dan memiliki ijazah hafalan yang sanadnya bersambung kepada Rasulullah shallallalahu ’alaihi wasallam.
2. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang memiliki dedikasi tinggi dalam dakwah dan pelayanan ummat.
3. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang berjiwa entrepreneurship (kewirausahaan).
4. Menerapkan Kesadaran Kualitas Total Quality Management (TQM) dalam proses pendidikan.

Susunan Pengurus

Pengasuh              : KH. Ma’shum Zainullah

Kepala Pesantren  : KH. As’ad Nawawi Ma’shum

Ketua Yayasan     : KH. Barri Sahlawi Zain, M.Si

Pembina                : Ust. Ahmad Dhafir Al-Hafidz, S.Pd.I

Kepala Daerah      : Abdur Rahman

Sekretaris              : – Idris Ahmadi

                               – Abdul Latif

Bendahara             : Taufiqurrahman

Ubudiyah              : Muhammad Yasin

Pendidikan            : Imam Ghazali

Keamanan             : – Abdur Rozaq

                               – Baihaqi

Kebersihan                       : – Syaiful Hadi

                               – Muhammad Iqbal

Perlengkapan        : Maimun

PRESTASI

Beberapa prestasi yang telah dicapai selama  ± 4 tahun berkiprah dalam lembaga keagamaan. antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Telah mewisuda 5 Huffadzul Qur’an 30 Juz 28 Mei 2016
  2. Mendapatkan Beasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2012 M, di UIN Malang
  3. Mendapatkan Beasiswa PBSB Tahun 2014 M, di UIN Sunan Ampel Surabaya dan ITS Surabaya.
  4. Mendapatkan Beasiswa Tahfidzul Qur’an (PBTQ) kategori pemula Tahun 2015 dan 2016 kerjasama Kementerian Agama RI dengan Pondok Tahfidz Sulaimaniyah Turki yang diwadahi oleh UICCI (United Islamic Cultural Centre of Indonesia).
  5. Mendapatkan Beasiswa Tahfidzul Qur’an (PBTQ) kategori 30 Juz Tahun 2016 kerjasama Kementerian Agama RI dengan Pondok Tahfidz Sulaimaniyah Turki yang diwadahi oleh UICCI (United Islamic Cultural Centre of Indonesia).