Rab. Mei 22nd, 2024

MENUMBUHKEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI

By Pengurus Pesantren Sep4,2016
UPT PK situbondoUPT PK situbondo

Untuk menumbuhkembangkan semangat dan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) santri, pndok pesantren nurut taqwa sudah beberapa kali menjalin kerjasama bidang pelatihan dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihah Kerja Propinsi Jawa Timur yan berkantor di Jalan Basuki Rahmat Kabupaten Situbondo. Beberapa bidang kejuruan yang telah dikerjasamakan yaitu KEJURUAN MEKANIK  seperti  Las listrik,Las otoge,  KEJURUAN OTOMOTIF seperti Sepeda Motor, Motor Tempel, KEJURUAN LISTRIK seperti  Instalansi  Penerangan, Instalansi Tenaga Elektronika,  ANEKA KEJURUAN seperti keterampilan Menjahit, Bordir dan Batik,  KEJURUAN BANGUNAN seperti  keterampilan Bangunan Batu, Bangunan Kayu dan Meubeller,  kEJURUAN PERTANIAN seperti  Budidaya Tanaman Pangan Dan Holtikultura, Processing (Aneka Makanan dan Minuman) dan KEJURUAN TATA NIAGA seperti  Komputer dan Perkantoran.

Terakhir kerjasama pelatihan yang dilaksanakan di PP. Nurut Taqwa yang dipusatkan di balai kerja SMK Nurut Taqwa yaitu kejuruan Mekanik yang diikuti oleh dua kelompok yaitu Kelompok Pelatihan Las listrik yang berbasis kompetensi dan Kelompok Pelatihan las listrik yang berbasis masyarakat.  Masing-masing kelompok berjumlah 16 orang peserta. Beberapa peserta yang direkrut yaitu para santri yang sudah lulus pendidikan SMA/MA. Pelatihan ini dibuka pada tanggal 25 Juli 2016 di ruang aula SMK Nurut Taqwa dan dibuka langsung oleh Kabag Pelatihan bapak Puji  mewakili Kepala UPT bapak Ir. H. Ainul Yaqien, MM. yang berhalangan hadir Menurut rencana pelatihan ini akan ditutup pada tanggal 7 September 2016.

UPT 2Dalam sambutannya ketua yayasan, H. Barri Sahlawi Zain, M.Si menyampaikan bahwa pelatihan-pelatihan keterampilan di pondok pesantren perlu terus digalakkan untuk member bekal kecakapan hidup bagi para santri ketika nanti pulang bermasyarakat. “pelatihan-pelatihan kejuruan seperti yang sering dilaksanakan selama ini perlu terus dikembangkan”, imbuhnya. Dalam sambutannya, ketua yayasan juga tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UPT Pelatihan kerja yang sudah mempercayakan beberapa kegiatan pelatihan di pondok pesantren nurut taqwa. Begitu juga juga pihak UPT Pelatihan Kerja yang diwakili oleh bapak Puji merasa senang bekerja sama dengan pondok pesantren nurut taqwa yang selama ini proaktif memfasilitasi kegiatan pelatihan keterampilan bagi para santri. “saya senang bekerja sama dengan pondok pesantren semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa ditindaklanjuti”, katanya. Ditambahkan oleh beliau bahwa kegiatan pelatihan berlangsung selama 30 hari dan beliau berharapagar  semua peserta nantinya dinyatakan lulus semua.

Semua biaya kegiatan pelatihan ini dibiayai oleh pihak UPT Pelatihan Kerja. Bahkan peserta pelatihan memperoleh beberapa fasilitas diantaranya konsumsi selama pelatihan, baju kerja dan uang transport dan sertifikat bagi peserta yang  dinyatakan lulus. Selain itu bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus juga difasilitasi pekerjaan dengan beberapa jaringan lapangan kerja baik di Jawa Timur maupun luar Jawa Timur.

Postingan terkait..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.