Sen. Jul 15th, 2024

MA GELAR REFLEKSI TAHUN BARU HIJRIAH

By Anwari Nuril Huda Okt3,2016

Dalam rangka menyambut Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 H. yang jatuh pada  1 Oktober 2016. Dewan Guru, Siswa dan Siswi di lingkungan Madrasah Aliyah Nurut Taqwa mengadakan kegiatan Refleksi Tahun Baru Islam. Kegiatan ini bertempat di Auditorium MA Nurut Taqwa. Sedangkan lembaga pendidikan lain di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Nurut Taqwa menyambut moment ini dengan mengikuti kegiatan pawai ta’aruf bersama lembaga-lembaga pendidikan lain se-Kecamatan Cermee bertempat di Kecamatan Cermee.

Bapak Siddiq Mursyidi, S. Th. I sebagai pemateri,  menginformasikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bondowoso mengadakan Khotmil Qur’an diikuti oleh seluruh Huffadz se-Kabupaten Bondowoso di 60 titik tempat. Selain juga diadakan Festival Muharram yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

“ Jangan sampai tahun baru Islam atau tahun baru  hijriah kalah meriah dari tahun baru masehi. Tentunya diisi dengan kegiatan positif dan menghindari hal-hal yang bersifat hura-hura dan sia-sia. “ tutur menginagtkan.

Lulusan Tafsir Hadits UIN Sunan Kalijogo Jogjakarrta itu menyampaikan beberapa amalan sunnah beserta khasiat dan keistimewaannya. Diantaranya adalah membaca Ayat Kursi sebanyak 360 kali yang diawali dengan basmalah pada setiap awal pembacaan ayat. Diantara khasiatnya yaitu bisa terjaga dari godaan syetan selama satu tahun kedepan.

Selanjutnya menulis Lafadz Basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ) sebanyak 113 kali  yang ditulis satu kali duduk tanpa bicara kepada orang lain. Khasiatnya dari tulisan itu  bisa dijadikan azimat agar terjaga dari musuh (Orang yang berniat jahat).

Selain amaliah-amaliah diatas, Dewan Pengajar Fiqih dan Qurdis MA Nurut Taqwa tersebut juga menyampaikan amalan-amalan lain yang perlu dibaca pada 10 Muharram yang dinukil dari sebuah syair dibawah ini.

        # واكتحل تصدق امسح اليتم رأس اغتسل ثم صِلْ صلِّ صُم

تصل ألفا قل الإخلاص وسورة ظفر قلم العيال على وسع

Adapun rincian dari amaliah-amaliah yang terkandung dalam syair diatas adalah yaitu Puasalah, Shalatlah, Silaturrahim-lah, mandilah, kepala anak yatim usaplah, bersedekahlah, pakailah celak mata, luaskan belanja, potonglah kuku, kunjungi ulama, tengoklah orang sakit dan bacalah surat Ihklas 1000 kali. (ia)

By Anwari Nuril Huda

Pribadi yang memiliki passion pada bidang sosial keagamaan dan pendidikan.

Postingan terkait..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.