Jum. Feb 23rd, 2024
Kunjungan Industri SMK Nurut Taqwa

Rabu, (19/04) SMK Nurut Taqwa dengan jurusan barunya TPHP (Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian) mengadakan study tour ke tempat industri yang terletak di Malang tepatnya di Desa Jl. Raya Arjuno No. 119 Junggo Desa Tulungrejo Bumi Aji Batu.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Gabungan dari 3 Sekolah yang merupakan binaan SMKN 1 Tlogosari dengan jumlah 70 peserta didik. Mula-mula sesampainya di lokasi semua siswa dibriefing dan diberi tugas agar para siswa berkonsultasi langsung kepada pengolah pabrik di mana hasil akhirnya akan dibuat resume. Setelah dibagi menjadi 3 kelompok, para siswa langsung berangkat dengan ATK. Mereka wawancarai beberapa narasumber terkait pengolahan kripik buah dan sari buah apel.

Industri tersebut merupakan kelompok tani binaan GAPOKTAN Mitra Arjuna (CV. Arjuna Flora). Sebagai Ketua II, Bapak Imam Hanafi menyatakan bahwa industri tersebut dikunjungi oleh masyarakat dari pelbagai lapisan. “Tempat ini tidak hanya dikunjungi oleh siswa saja melainkan juga dari kalangan menteri dan para pensiunan untuk mendapatkan ilmu dari industri yang ada di sini” tuturnya.

Proses pengolahan industri ini didukung oleh alat-alat yang canggih dan mutakhir. Menurut pengakuan Hasan sebagai karyawan, mesin penggorengan kripik ini merupakan satu-satunya alat yang dibandrol dengan harga yang tidak murah dengan beberapa kelebihan, diantaranya adalah tidak perlu menggunakan spiner untuk mengangkat kadar minyak dari kripik tersebut karena di dalam mesin sudah ada alat khusus yang dirancang dan hebatnya lagi alat ini dirancang sendiri oleh pemilik industri yang dikenal dengan bapak Hariyono. Menurut pengakuannya, inspirasi kripik buah ini berawal dari melimpahnya buah apel di daerah tersebut sehingga apel tidak laku di pasar karena mayoritas di daerah tersebut adalah petani apel sampai-sampai di daerahnya ada wisata petik apel. AZ

Kunjungan Industri SMK Nurut TaqwaKunjungan Industri SMK Nurut TaqwaKunjungan Industri SMK Nurut Taqwa

Postingan terkait..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.