Jum. Jul 19th, 2024

PERKUAT KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS SISWA, MA NURUT TAQWA GANDENG PEACE CORPS

By Pengurus Pesantren Sep4,2016
Peace CorpsPeace Corps

MA Nurut Taqwa terpilih sebagai lembaga pendidikan yang menjadi mitra pengembangan keterampilan bahasa inggris di seluruh dunia yang diselenggarakan oleh Peace Corps, sebuah lembaga nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Peace Corps merupakan badan independen pemerintah Amerika Serikat berdiri sejak tahun 1961 yang bermisi meningkatkan perdamaian dan persahabatan internasional melalui penugasan relawan ke sejumlah negara. Lembaga internasional ini sudah bekerja sama dengan sekolah-sekolah di negara –negara Asia dan Afrika selama puluhan tahun. Sekolah yang yang terpilih akan mendapat relawan atau volunteer warga negara Amerika Serikat (foreigner) untuk mengajar bahasa inggris dan membantu pengembangan kualitas sekolah tersebut.

Di Jawa Timur, tahun 2016  ini ada 40 sekolah negeri dan swasta yang terpilih sebagai mitra program Peace Corps ini. Untuk kabupaten Bondowoso hanya MA Nurut Taqwa yang ditunjuk mengikuti program kemitraan ini berupa peningkatan kapasitas dan keterampilan bahasa inggris di sekolah. Sebelum terpilih, MA Nurut Taqwa diajukan sebagai salah satu kandidat peserta program ini bersama beberapa madrasah aliyah lain di kabupaten Bondowoso. Setelah melalui tahapan survey dan proses seleksi yang ketat, akhirnya MA Nurut Taqwa  dipercaya  bersama dengan 39 sekolah dan madrasah lainnya di Jawa Timur sebagai mitra program Peace Corps ini. Di usia  yang ke-13 ini, MA Nurut Taqwa tanpa diduga mendapat kado spesial yang sangat membanggakan ini.

Untuk memantapkan kerja sama antara Peace Corps dan MA Nurut Taqwa beserta sekolah  terpilih lainnya, diselenggarakan workshop dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Peace Corps Indonesia dan sekolah mitra. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bukit Daun Kediri Jawa Timur pada tanggal 1-2 Juni 2016. MA Nurut Taqwa diwakili oleh kepala madrasah (Erfan, MA.) dan guru bahasa inggris (Nurdin, S.Pd),  sebagai guru mitra, mengikuti workshop ini selama dua hari. Pasca workshop (lokakarya), relawan atau volunteer Peace Corps yang berasal dari Amerika Serikat, Mr. Vinh resmi bertugas sebagai relawan guru bahasa inggris di MA Nurut Taqwa selama 2 tahun sampai tahun 2018. Kehadiran Mr. Vinh ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi  bahasa inggris siswa atau santri dalam menghadapi era globalisasi ini dan  berkontribusi signifikan dalam pengembangan kualitas madrasah yang lebih baik.

Postingan terkait..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.