Jum. Apr 19th, 2024

Penipuan, peretasan atau hack pada akun tertentu sudah marak belakangan ini. Beberapa diantaranya mengeluhkan akun Facebook, instagram bahkan ponselnya yang diretas oleh seseorang. Semua itu bisa dikarenakan,

  1. Pengguna tidak mengetahui
  2. Kelalaian pengguna

yang semuanya adalah karena kesalahan pengguna itu sendiri. Kita tahu, bawa setiap peretasan yang dilakukan rata-rata memanfaatkan ketidaktahuan seseorang atas sesuatu. Ada beberapa ciri-ciri seseorang yang berusaha meretas akun atau polsel milik kita, dan hal ini membuat kita agar lebih waspada pada usaha-usaha semacam ini, yakni

  1. OTP atau One Time Password adalah sistem yang paling bisa dikatakan aman saat ini, karena hampir setiap bank membutuhkan OTP atau kode yang dikirimkan melalui SMS/Whatsapp ke nomor yang bersangkutan di setiap transaksi. Perlu hati-hati, bahwa OTP bersifat rahasia karena hanya Anda yang mengetahui, maka apabila ada seseorang yang mengaku dari suatu perusahaan tertentu meminta kode OTP dari Anda, bisa dipastikan itu adalah penipuan.
  2. Telepon atau Whatsapp berhadiah, marak juga pesan whatsapp atau telepon langsung yang mengatakan bahwa kita berhasil memenangkan sesuatu dengan nominal sekian rupiah. Perlu diwaspadai, bahwa jika dalam prosesnya orang yang menelpon meminta kita membayar sesuatu, bisa dipastikan hal tersebut penipuan.
  3. Hindari memberikan password Facebook, Twitter, Instagram atau apapun kepada orang lain dengan alasan apapun. Karena hal tersebut lebih rentan terhadap peretasan.
  4. Hindari mengakses situs-situs yang kurang terpercaya karena iming-iming hadiah seperti “Hadiah Kuota Internet 30GB dengan mengakses situs tertentu”. Bisa saja hal tersebut adalah upaya Phising atau melakukan hack pada akun kita.
  5. Hindari login atau masuk ke Sosial Media yang tidak resmi, berikut halaman resmi dari Sosial Media yang populer, Facebook http://facebook.com, Twitter http://twitter.com dan lain-lain.
  6. Hindari menginstal aplikasi dari selain Google Play Store, karena hal itu rentan hacking atau peretasan pada telepon. seperti file yang berakhiran .apk dan sering disebarkan dengan bertuliskan undangan dari nomor yang tidak diketahui di Whatsapp dls.

Sekian, diatas adalah sekian dari banyak cara yang bisa menyebabkan ponsel atau akun kita diretas. Lebih baik hati-hati sebelum melakukan sesuatu.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.