Rab. Apr 24th, 2024
Pak Saleh Nurut Taqwa

Mohammad Sholeh adalah salah satu tenaga pendidik senior di Pondok Pesantren Nurut Taqwa yang mulai mengabdikan diri sejak 15 Juli 1999. Saat ini beliau berdomisili di desa Palalangan Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowos, sekitar 3-4 KM dari Pondok Pesantren Nurut Taqwa.

Peran beliau dalam memperjuangkan kemajuan pendidikan di Nurut Taqwa sangat besar, hal ini terlihat dari kontribusinya dalam setiap agenda kepesantrenan maupun kelembagaan. Meski lokasi tempat tinggalnya berada cukup jauh dari pesantren, ia tetap selalu menghadiri kegiatan pesantren yang terkadang berlangsung hingga larut malam. Karena dedikasinya yang tinggi, seringkali beliau ditunjuk sebagai koordinator perhelatan kegiatan sekolah dan pesantren, seperti Pelatihan Manasik Haji, Pengurus Manasik Haji, Khotib Sholat Idul Adha dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Saat ini, beliau menjabat sebagai Waka. Humas di Madrasah Tsanawiyah Nurut Taqwa. Melalui jabatan ekstranya, kiprah beliau semakin meluas, beliau terbukti mampu membangun sinergi antara sekolah, alumni, simpatisan dan masyarakat luas.

Di kalangan guru Pondok Pesantren Nurut Taqwa, beliau dikenal sebagai sosok yang sangat penyabar, religius, rendah hati (humble), disiplin dan kharismatik, sehingga semua guru menaruh rasa hormat kepadanya. Pembawaannya yang low profile dan bersahabat juga sangat disukai para siswa. Mereka merasa nyaman mengikuti instruksi dan mata pelaran yang beliau ampu.

Dalam suatu kesempatan, Abd. Shomad, M.PdI selaku kepala MTs Nurut Taqwa menuturkan bahwa kepribadian Pak Sholeh sangat inspiratif dan perlu diapresiasi setinggi-tingginya, terlebih dalam hal kesabaran. Label kesabaran sudah melekat pada dirinya bagi setiap orang yang pernah mengenalnya.

“Andai diselenggarakan lomba guru paling sabar, tentu Pak Sholeh juaranya” kelakarnya sambil tersenyum. (idrisahmadi)

Postingan terkait..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.