Jum. Apr 19th, 2024
1 Muharrom 1438

Dalam rangka menyemarakkan malam tahun baru islam 1 muharram 1438 H. yang jatuh pada tanggal 1 oktober 2016. Lembaga pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurut Taqwa mengadakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang dikemas dalam bentuk “Sholawat Bersama”. Para Asatidz dan Asatidzah, serta seluruh santri putra dan putri serentak berkumpul di lokasi yang bertempat di halaman MDTA Nurut Taqwa sesaat setelah menunaikan  sholat Isya’. Kegiatan ini ditangani langsung oleh pengurus OSID MDTA yang cukup kompeten dan berpengalaman dalam hal organisasi.

Sebelum acara di mulai, terlebih dahulu diawali dengan Gubahan awal jami’atul hadrah Ponpes Nurut Taqwa, sambil lalu menunggu undangan dan audiens, setelah semua berkumpul, saudara Bahrul Ulum yang bertindak sebagai Master Of Ceremony segera memulai acara dengan penuh semangat dan kepercayaan diri yang tinggi, siswa kelas 3 MTs tersebut kemudian membacakan susunan acara yang akan dilaksanakan pada kegiatan tersebut.

Acara pertama yaitu pembukaan yang dilangsungkan dengan pembacaan istighatsah serta pembacaan surah yasin yang di pimpin oleh ust. Nurdin, S.Pd. Beliau merupakan dewan asatidz serta menjabat wakil kepala pesantren PP. nurut taqwa, setelah acara pembukaan selesai, kemudian di lanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ka. OSID MDTA, yaitu saudara fikri Hidayat. Dalam sambutannya, anggota kamar sunan ampel. L.II tersebut  yang juga menjabat Waka OSIS MA Nurut Taqwa menjelaskan tujuan dari diadakannya kegiatan ini.

“acara ini diadakan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada allah SWT serta menambah kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW.” Ujarnya ketika menyampaikan sambutannya.

Setelah selesai sambutan, acara diteruskan denga acara selanjutnya yaitu “gemah shalawat”. Yang langsung dimotori oleh group hadrah Majelis as-Saayyid Salim As-Syathiri PP. nurut taqwa, karena banyak sholawat yang dilantunkan sehingga seluruh santri terbawa suasana keindahan iraba-iraba hadrah beserta sholawat-sholawat kepada nabi Muhammmad SAW yang sangat menyentuh hati nurani.

Ust. Ardianto,S.Pd.I yang berperan sebagai muballigh saat itu menyatakan atau menghimbau agar meningkatkan uvoria dalam penyambutan Tahun Baru Islam, agar tidak kalah dengan Tahun Baru Masehi. Disamping itu, anggota pengurus ta’limiyah tersebut juga menyampaikan beberapa amalan-amalan sunnah yang perlu untuk dilaksanakan, diantaranya adalah membaca ayat kursi sebanyak 360 kali, menulis lafadz (bismillah) sebanyak 113 kali, serta amalan-amalan lain yang di lakukan pada tanggal 10 muharram yang dinukil dari sebuah syair yang ada dalam kitab a’malul Yaumiyah.

Pada puncak acara, Ust. Ahmad Ghazali, S.Pd.I memandu para santri untuk membaca do’a awal tahun dan akhir tahun, dan sekaligus sebagai penghujung serta penutup acara sholawat bersama ini.

Postingan terkait..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.