Jum. Apr 19th, 2024
LKDS Nurut Taqwa

 

nuruttaqwa.net, Jum’at (30/9) bertempat di gedung madrasah aliyah lantai satu, sebanyak tiga puluh tujuh pengurus baru Pondok Pesantren Nurut Taqwa mengikuti Latihan Kepemimpinan Dasar Santri (LKDS) yang diselenggarakan oleh pihak pesantren.

Pada acara LKDS tersebut ada tiga pemberian materi; leadership skill, manajemen pesantren dan tupoksi pengurus. Masing-masing subjek disampaikan oleh narasumber yang berbeda. Erfan, MA adalah pemateri pertama dengan pokok bahasan leadership skill. Selama lebih kurang dua jam, beliau menyampaikan beberapa hal penting terkait kepemimpinan, yaitu: pengertian leadership, perbedaan sekaligus kesamaan antara leader dan pimpinan lainnya, serta beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang leader.

Manajemen pesantren disampiakan oleh Anwari Nuril H, S.Sos.I. Ketika mengawali pelatihan tersebut, beliau mengutip salah satu maqalah arab, “Al haqqu bila nidzamin yaghlibuhu al bathilu binidzamin” (Suatu kebaikan tanpa manajemen yang baik akan terkalahkan oleh kejelekan yang tersistem). Setelah menyampaikan materi, beliau menyatakan bahwa sampai kapan pun dan oleh siapapun manajemen akan selalu menjadi hal yang urgen. Sebab menurutnya, manajemen merupakan jembatan yang menghubungkan antara aset suatu lembaga dengan tujuan yang hendak dicapai.

img_20160930_083616Imam Ghazali, S.Pd.I bertugas untuk memberikan materi terakhir. Pada kesempatan tersebut beliau mengupas tentang tugas pokok dan fungsi pengurus pesantren. Narasumber –yang merupakan alumni PP. Sumber Bunga– ini menekankan pada pembuatan program kerja (Proker) yang visibel dan aplikatif. “Dengan dibuatnya program kerja yang visibel dan aplikatif, maka santri akan benar-benar siap untuk terjun ke tengah-tengah masyarakat”, pungkasnya.

Sebelum acara ditutup, semua unit kerja kepengurusan Pondok Pesantren Nurut Taqwa periode 2016-2017 diberikan kesempatan untuk mempresentasikan rancangan program kerja yang telah mereka buat bersama anggotanya masing-masing. (anh)

Postingan terkait..

2 thoughts on “LKDS PERKUAT KREDIBILITAS PENGURUS PESANTREN YANG BARU”
  1. Dengan LKDS ini selain memiliki kapabilitas, semoga pengurus baru punya kesadARan dan kesabaran serta semangat baru untuk berkhidzmah. Amin..

    1. Pondok pesantren nurut taqwa adalah sebagai wahana untuk belajar ilmu agama maupun ilmu umum yang memadai, semoga di pondok yang merakyat ini bisa menjadi pondok yang bisa mengarahkan ke jalan yang lerres.. amien.. #semangat syahrul mulaharram 1438 H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.