NEW NORMAL PESANTREN LBA NURUT TAQWA ADAKAN KEGIATAN


Lembaga Pendidikan Bahasa Asing (LPBA) Pondok Pesantren Nurut Taqwa, Grujugan Cermee Kabupaten Bondowoso, kembali adakan kegiatan di Era New Normal.

LBA adalah sapaan akrab dikalangan santri putra dan santri putri untuk Lembaga Bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurut Taqwa. Aktivitas rutin di Lembaga Bahasa Arab ini meliputi hafalan mufrodat, tata Bahasa Arab sampai mempelajari pidato berbahasa Arab.

Natasya Izza Barera (Neng Izza), dan Nur Khotimah (Neng Khotim) mengisi liburannya dengan Kursus. Mereka memiliki konstribusi besar terhadap LBA putri untuk melanjutkan kegiatan yang sudah menjadi rutinitas setiap harinya sejak awal diberdirikannya Lembaga ini agar tetap berjalan. Mereka berdua berkolaborasi dengan teman-teman lainnya demi terciptanya acara pada kali ini. Kegiatan Berlangsung di Gedung Aula L.2, Selasa malam Rabu (14/7/2020).

Acara tersebut bertema, قمة البرامج فى الدورة العربية معهد نرو التقوى “Puncak Acara di Daurah Arabiyah Pondok Pesantren Nurut Taqwa”. Kegiatan dikemas khusus oleh teman-teman LBA ini memakan waktu dan persiapan yang cukup matang. Sehingga tak heran jika acara tersebut disambut meriah oleh seluruh santri putri Pondok Pesantren Nurut Taqwa.

Acara ini dilangsungkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Indonesia dengan bersahut-sahutan. Setelah acara dibuka oleh Nasyiatul Imaniyah Riza (Neng I’a) Gema Bahasa Arab mulai didengungkan. Mulai dari sapaan MC, pembacaan ayat suci Al-quran dan Hadits Nabi, sambutan-sambutan sampai penobatan malikatu allughah yang diiringi hiburan nyanyian.

“Sebagai umat Nabi Muhammad, sebenarnya kita sudah mengikuti dan meneladani sunah-sunahnya. Dengan cara apa? Banyak Sekali. Mulai dari makan dengan tangan kanan, menjaga kebersihan, menimba ilmu, termasuk mondok di Pondok Pesantren Nurut Taqwa ini. Tapi ada satu hal yang jarang sekali santri meniru sunah yang satu ini. Yaitu berbicara dengan bahasanya Rasulullah yakni bahasa Arab. Bahasa Arab kan bahasanya Rasulullah.” Begitu Neng Izza menyampaikan dalam sambutannya.

Momen yang ditunggu-tunggu dari acara ini yaitu penobatan Malikatu Allughah (Ratu Bahasa) Daurah Arabiyah. Dalam hal ini Siti Lailatul Fitriyah adalah satu di antara teman-temannya yang menjadi Malikautu Allughah. dia memberikan sepatah kata berupa harapan agar cita-cita LBA kedepannya bisa tercapai.

Acara juga menampilkan puisi berjudul Ketika Langkah-Langkah Pergi Karya Moh Nur Taufiq yang dibacakan oleh Neng Izza dan Neng Khotim. Hal ini menambah suasana acara semakin hidup dan berasa.

Pembacaan doa menjadi penutup acara ini. Tentu dengan harapan agar Lembaga-Lembaga yang ada di Pondok Pesantren Nurut Taqwa khususnya Lembaga Bahasa Arab terus berkembang.

Penulis : Siti Kholifah Amartiyah

Comments

comments