KH. Ma’shum Zainullah: Perkuat Silaturrahmi dan Gunakan Social Media dengan Bijak

nyambhung pangesto

KH. A. Ma'shum ZainullahBertempat di rumah Ach Yulianto (nyantri 1995-2010), tepatnya di Desa Kladi Dusun Batu Putih, pertemuan rutin dwi bulanan alumni dan simpatisan Pondok Pesantren Nurut Taqwa kembali sukses digelar pada Minggu (40/04) kemarin.

Acara diawali oleh KH. Ma’shum Zainullah dengan pembacaan surah al fatihah dan dilanjut dengan pembacaan istigatsah dipimpin oleh Ust. Ridlwan Baidi serta tahlil dipimpin oleh KH. Zainul Murtadla, M.Si. Prakata dari pengasuh merupakan mata acara ketiga. Ada tiga poin pokok yang beliau tekankan, yaitu: alumni dihimbau untuk menjaga muru’ah sebagai santri (baca: alumni), merespon serta memanfaatkan media sosial dengan bijak, dan beliau juga memenghimbau kepada alumni agar memelihara ikatan emosional terhadap pondok, santri serta kepada seluruh guru di Pondok Pesantren Nurut Taqwa.

Sesi keempat diisi dengan pengajian kitab Hidatu al Adzkiya’ yang diampu oleh KH. Nawawy Ma’shum. Gus kondang tersebut menjelaskan bagian Berperilaku Ikhlas dengan bahasa yang lugas dan jelas. Sesekali beliau juga membumbui dengan humor segar sehingga suasana pengajian menjadi lebih hidup. Berdasarkan kitab tersebut, beliau menyampaikan bahwa kualitas keimanan seseorang dapat diketahui dari bagaimana ia merespon pujian atau hinaan dari orang lain. Ketika keduanya tidak merubah kondisi hati (bangga atau frustasi) orang yang bersangkutan, maka dapat dipastikan bahwa kualitas keikhlasan dan keimanannya sangat bagus. Penyampaian informasi terkait agenda terdekat pesantren adalah sesi kelima. Bagian ini disampaikakan langsung oleh KH. Barri Sahlawi Zain, M.Si. selaku ketua yayasan. Menurutnya, pihak pesantren akan mengakomodir calon santri nurut taqwa yang kurang mampu secara finansial, sehingga mereka dapat mengenyam pendidikan pada lembaga yang lebih tinggi.

Di samping itu, beliau juga berharap kepada alumni agar turut serta memeriahkan acara Hari Lahir Pondok Pesantren Nurut Taqwa Ke – 41 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 24 Mei 2017. Acara kemudian diakhiri dengan pembacaan do’a oleh KH. Ma’shum Zainullah pukul 11.20 WIB. (anh)

Nyambhung Pangesto

Comments

comments